BLUD UPTD Puskesmas Pataruman 1 Adakan Sosialisasi Pemberian Tablet Tambah Darah di SMPN 2 Banjar

Selasa (28/1). BLUD UPTD Puskesmas Pataruman 1 bersama Dinas Kesehatan Kota Banjar melaksanakan sosialisasi pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri yang dilaksanakan di SMPN 2 Banjar. Sosialisasi berupa penyuluhan akan ditindaklanjuti dengan pemberian Tablet Tambah Darah yang mengandung Ferros Sulfate 60 mg dan Folic acid 400 µg pada Jumat (31/1) yang akan datang.
Penyuluhan disampaikan oleh Kepala BLUD UPTD Puskesmas Pataruman 1, dr. Hj. Ika Rika Rohantika. Beliau memaparkan pentingnya remaja putri mendapatkan asupan zat besi dan asam folat yang memadai untuk mencegah anemia (kekurangan kadar Haemoglobin dalam darah), diantaranya karena : kebutuhan meningkat karena pertumbuhan remaja yang cepat, kehilangan darah rutin dalam jumlah cukup banyak saat mensturasi, serta menjaga imunitas tubuh sehingga tidak rentan terhadap penyakit. Pada kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan dampak anemia bagi remaja putri/pelajar, diantaranya : kapasitas darah untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh termasuk otak dan otot yang rendah, konsentrasi belajar dan produktivitas kerja menurun.
Didampingi Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Banjar, Sophia Restantini, SKM berharap agar setiap remaja putri minum Tablet Tambah Darah seminggu sekali. “Upaya pemberian Tablet Tambah Darah ke sekolah untuk remaja putri ini dilakukan untuk meminimalisiasi perempuan usia muda mengalami anemia”, tambahnya.
(dansyah)

About dinkes_banjar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *