Elementor #1115

LANSIA SEHAT, PRODUKTIF, DAN MANDIRI !!!

https://dinkes.banjarkota.go.id/wp-content/uploads/2020/01/Bina-Keluarga-Lansia-Azzahra-Desa-Cibeureum.mp4

Selamat Pagi! Salam Sehat!

Kali ini kita akan membahas tentang kegiatan kesehatan lansia yang ada di Puskesmas Banjar 1. O iya sebelum membahas panjang lebar, siapa sih lansia itu? Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas. Beberapa hal yang diperhatikan dan harus dilaksanakan yaitu berkaitan pada kegiatan untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia sehingga mencapai masa tua yg bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat (Matra, 1996). Seperti halnya disampaikan oleh Kepala Puskesmas Banjar 1 bahwa kesehatan lansia merupakan salah satu indikator yang ada dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Posyandu lansia merupakan salah satu cara dalam proses untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia. Sehingga menjadikan lansia sehat, produktif dan mandiri. Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Video diatas merupakan salah satu kegiatan posyandu lansia yang ada di wilayah kerja Puskesmas Banjar 1. Posyandu Az Zahra merupakan Posyandu lansia yang ada di Desa Cibeureum.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam posyandu lansia terdapat kegiatan dalam 5 meja, diantaranya:

1. Meja 1: Pendaftaran

Mendaftarkan lansia, kemudian kader mencatat lansia tersebut. Lansia yang sudah terdaftar di buku register langsung menuju meja selanjutnya.

2. Meja 2: Kader melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, dan tekanan darah

3. Meja 3: Pencatatan (Pengisian Kartu Menuju Sehat)

Kader melakukan pencatatan di KMS lansia meliputi : Indeks Massa Tubuh, tekanan darah, berat badan, tinggi badan.

4. Meja 4: Penyuluhan

Penyuluhan kesehatan perorangan berdasarkan KMS dan pemberian makanan tambahan. Selain itu ada penyuluhan kelompok dalam rangka meningkatkan pengetahuan lansia. Dan ada beberapa posyandu melaksanakan senam lansia terlebih dahulu.

5. Meja 5: Pelayanan medis

Pelayanan oleh tenaga professional yaitu petugas dari Puskesmas/kesehatan meliputi kegiatan : pemeriksaan dan pengobatan ringan.

Yuk, kita ajak lansia untuk datang ke Posyandu Lansia. Kesehatan terjaga, sosial terbangun sehingga menjadikan lansia yang sehat, mandiri, dan produktif.

 

 

*video diambil dari channel youtube Desa Cibeureum

*penyusun : Promkes Puskesmas Banjar 1

 

 

 

 

 

About Puskesmas Banjar 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *