Udara Segar dengan Vertical Garden

Udara bersih yang bebas dari pencemaran adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Udara bersih dapat mengurangi probabilitas terjadinya ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).

Namun, pada kenyataannya udara bersih bisa menjadi barang langka hanya karena perilaku hidup yang tidak sehat, contohnya perilaku merokok, perilaku membakar sampah, membiarkan sampah membusuk hingga berbau mencemari lingkungan, dan lain – lain.

Permasalahan pertama, bagaimana agar udara bersih bisa kita dapatkan setiap hari? Salah satunya adalah melalui pemanfaatan lahan sempit untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH). Permasalahan selanjutnya, bagaimana jika ternyata lahan yang tersedia sangat terbatas? Solusinya kita bisa memanfaatkan dinding kosong sebagai RTH tambahan yang kita kenal dengan vertical garden / taman vertical.

Vertical garden memiliki banyak fungsi yaitu sebagai penahan panas matahari, mengurangi polusi udara, meningkatkan suplai oksigen, meredam polusi udara, dan lain sebagainya.

Gambar  di atas adalah salah satu contoh pemanfaatan dinding di luar ruangan BLUD UPTD Puskesmas Banjar 3, di seberang ruang Rekam Medik yang digunakan sebagai vertical garden. 

Udara bersih dan sejuk adalah hak kita, mari kita upayakan bersama.

About Puskesmas Banjar 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *