Pembinaan PHBS di SDN 1 Karyamukti



PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran individu atau masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Tatanan PHBS melibatkan beberapa elemen yang merupakan bagian dari tempat kita beraktivitas, seperti Rumah Tangga, Sekolah, Tempat Kerja, Sarana Kesehatan dan Tempat-Tempat Umum.

PHBS di Sekolah adalah sebuah upaya atau kegiatan yang dilakukan oleh BLUD UPTD Puskesmas Pataruman 2 dalam memberdayakan Guru, Siswa, dan masyarakat lingkungan Sekolah agar melakukan pola atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Dengan menerapkan PHBS di Sekolah diharapkan mampu menciptakan lingkungan Sekolah yang bersih dan sehat dan meningkatkan proses belajar mengajar para siswa dan guru.

Demi terwujudnya Sekolah yang sehat, BLUD UPTD Puskesmas Pataruman 2 melakukan kegiatan penyuluhan dan pembinaan PHBS di SDN 1 Karyamukti Desa Karyamukti. Sekolah selain berfungsi sebagai tempat pembelajaran, Sekolah juga apabila lingkungannya tidak dijaga dengan baik, bisa menjadi sebuah ancama atau risiko terjadinya penularan penyakit, maka perlunya dilakukan upaya pembinaan PHBS di Sekolah salah satunya di SDN 1 Karyamukti ini.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang harus dilakukan di Sekolah diantaranya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengkonsumsi jajanan yang sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, Olahraga/Aktifitas fisik yang teratur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya, dan menimbang berat badan secara teratur.

About Puskesmas Pataruman 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *