Penyuluhan dalam Gedung dalam Upaya Pencegahan Transmisi COVID -19 di Wilayah BLUD UPTD Puskesmas Banjar 3

Kegiatan Promosi Kesehatan di dalam Gedung Puskesmas masih rutin dilakukan, antara lain melalui penyuluhan dalam gedung namun lebih dititikberatkan pada penanggulangan transmisi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Media pendukung yaitu audio dan brosur. Sasaran yang dituju adalah pengunjung Puskesmas di ruang tunggu, dengan waktu pelaksanaan pukul 08.15-08.45 WIB.

Petugas penyuluh memberikan materi tentang Pencegahan Penularan COVID-19 melalui penggunaan masker. Pada kesempatan kali ini pembahasan difokuskan pada pentingnya penggunaan masker sebagai bentuk keprihatinan akan kelangkaan masker terutama masker bedah di pasaran. Petugas penyuluh memberikan penjelasan tentang penggunaan masker kain untuk masyarakat jika memang terpaksa harus keluar rumah, sementara masker bedah dan masker N95 hanya diperuntukkan bagi petugas kesehatan. Walaupun tingkat efektifitas masker kain tidak sebaik masker bedah, namun minimal dapat menghambat penularan virus sampai 70%.

Masyarakat pun dihimbau agar membatasi kegiatan keluar rumah kecuali jika keperluannya sangat mendesak. Selain itu diinformasikan pula bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas hanya diprioritaskan untuk pasien yang benar -benar memiliki gejala ISPA dan dikhawatirkan mengarah pada gejala COVID-19, pelayanan surat keterangan sehat untuk SIM dan pelayanan gawat darurat.

About Puskesmas Banjar 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *