Gebyar PSN di BLUD UPTD Puskesmas Purwaharja 1

Sehubungan dengan adanya kejadian DBD pada musim penghujan ini, maka sesuai dengan surat edaran walikota, dilaksanakan gebyar PSN di wilayah kerja BLUD UPTD Puskesmas Purwaharja 1 yaitu di Kelurahan Karangpanimbal dan Purwaharja. Kegiatan meliputi pemeriksaan jentik, penyuluhan DBD, pembagian abate dan PSN yang dilaksanakan oleh warga setempat yang bekerjasama dengan kecamatan, kelurahan dan puskesmas.

Gebyar PSN dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Januari 2020.

Kenapa tidak fogging? Fogging hanya memberantas nyamuk dewasa, sedangkan PSN merupakan upaya pencegahan penularan DBD dengan memutus rantai perkembangan nyamuk yaitu dengan menghilangkan jentik-jentik nyamuk.

Ketentuan fogging seperti yang disebutkan dalam banner dari promkes.kemkes.go.id :

 

Apa saja PSN 3 M Plus itu ?

1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya;

3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah. (kemkes.go.id)

Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti

1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan;

2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk;

3) Menggunakan kelambu saat tidur;

4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk;

5) Menanam tanaman pengusir nyamuk,

6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah;

7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. (kemkes.go.id)

Mari kita cegah penularan DBD dengan PSN 3 M Plus!

About Puskesmas Purwaharja 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *