Kegiatan PIS – PK di Puskesmas Purwaharja 1

Apa itu PIS – PK? Sejak sekitar tahun 2018 warga kota Banjar pasti ada yang sudah dikunjungi oleh petugas kesehatan dari Puskesmas secara door to door ke tiap rumah, khususnya di wilayah kerja masing-masing puskesmas.. Nah mari mengenal terlebih dulu tentang PIS – PK.

Program Indonesia Sehat (PIS) merupakan salah satu program dari agenda ke 5 Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Sebagai penjabaran dari amanat tersebut, Kementerian Kesehatan menetapkan strategi operasional pembangunan kesehatan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Untuk melaksanakan Program Indonesia Sehat diperlukan pendekatan keluarga, yang mengintegrasikan  upaya kesehatan perorangan (UKP) dan upaya kesehatan  masyarakat (UKM) secara berkesinambungan, dengan  target keluarga, berdasarkan data dan informasi dari  Profil Kesehatan Keluarga (Prokesga).

Pendekatan keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk  meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan  pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya (PMK No 39 Tahun 2016).

Dengan demikian setiap puskesmas wajib melakukan kunjungan PIS – PK ke setiap rumah yang kegiatannya selain pendataan menggunakan kuesioner dari Kemenkes yaitu prokesga juga melakukan pemeriksaan tekanan darah, menggali permasalahan kesehatan lainnya, observasi lingkungan dan penyuluhan individu sebagai intervensi awal. Setelah kunjungan tersebut, data prokesga dianalisa dan akan terlihat indeks keluarga sehat (IKS) juga dapat diketahui permasalahan kesehatan di tiap wilayah sehingga dapat dilaksanakan rencana tindak lanjutnya untuk peningkatan IKS.

BLUD UPTD Puskesmas Purwaharja 1 pada tanggal 28-29 Januari 2020 melaksanakan kegiatan PIS-PK di Lingkungan Katapang oleh bu Rohaelah,A.Md.Keb dan bu Eris, A.Md,Kep serta di RT 19 Lingkungan Cikadu oleh bu Dewi, S.Kep.Ners dan Resti, SKM.

Pengisian kuesioner (prokesga) dan pemeriksaan tekanan darah

Pemasangan stiker PIS – PK

Observasi lingkungan

Jadi jangan kaget yaa jika dikunjungi oleh petugas kesehatan dari puskesmas walaupun tidak sedang sakit..

About Puskesmas Purwaharja 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *