Kenali Gejala Hepatitis Akut & Cara Pencegahannya

Hepatitis akut adalah liver yang mengalami radang atau inflamasi. Saat ini kembali mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) setelah pandemi Covid-19. Kondisi Hepatitis Akut ini pertama kali ditemukan di Inggris pada tanggal 5 April 2022 dan dikabarkan telah memasuki Indonesia. penyakit ini terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu yang singkat. Hepatitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Meski demikian, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan peradangan pada hati, seperti:

  • infeksi bakteri,
  • kerusakan liver, dan
  • cedera pada bagian liver.

Gejala penyakit yang dapat segera diantisipasi oleh orang tua, agar meminimalisir kemungkinan terburuk akibat paparan hepatitis akut ini, diantaranya adalah :

  1. Mual/muntah

  2. Diare berat

  3. Muntah

  4. Urine berwarna pekat

  5. BAB berwarna putih pucat

Dengan memahami beberapa gejala penyakit Hepatitis Akut diatas, diharapkan masyarakat jauh lebih siap dan bisa melakukan pemeriksaan sedini mungkin ke fasilitas kesehatan terdekat, agar proses diagnosis, penanganan, hingga penyembuhan dapat segera dilakukan sesuai dengan prosedur.

Pencegahan Hepatitis Akut

Untuk pencegahannya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, serta menghindari kontak dengan orang sakit untuk meminimalisir kemungkinan paparan dari penyakit Hepatitis Akut.

sumber : https://promkes.kemkes.go.id/mengenal-5-gejala-hepatitis-akut

About dinkes_banjar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *