Kesehatan Masyarakat

KERANGKA ACUAN KEGIATAN INOVASI

STOP ANGKA KEMATIAN IBU DAN ANAK MELALUI PENCATATAN, NOTIFIKASI DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUKASI

(SAKINA – CANTIK)

  1. LATAR BELAKANG

Kasus Covid19 di Kota Banjar pertama kali terjadi pada akhir bulan Maret 2020, dan selanjutnya mulai meningkat pada bulan September 2020. Kejadian COVID-19 berdampak terhadap pelayanan pemantauan kehamilan yang memicu kenaikan angka kehamilan dengan komplikasi.

Inovasi SAKINA merupakan upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak dengan Pelayanan Kesehatan Ibu dan anak yang optimal  yang sesuaikan agar tidak berisiko terjadinya penularan COVID19

  1. TUJUAN
  2. Umum ,

Tercapainya kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat yang optimal bagi ibu dan keluarganya serta meningkatkan derajat kesehatan anak untuk menjamin proses tumbuh kembang optimal yang merupakan landasan bagi peningkatan kualitas manusia seutuhnya.

  1. Khusus
  2. Meningkatkan kesehatan ibu dan anak
  3. Pemeliharaan kesehatan ibu hamil dan bayi.
  4. Deteksi dini faktor resiko ibu hamil
  5. Menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

 

  1. PELAKSANAAN SAKINA CANTIK
  2. NOTIFIKASI

Laporan kehamilan dapat berasal dari masyarakat melalui kader , kunjungan ke faskes pemerintah (pustu, puskesmas dan RS pemerintah), faskes swasta (bidan Praktek Mandiri/BPM, Klinik Bersalin, RS swasta), serta kunjungan posyandu, poskesdes).

Laporan disampaikan ke puskesmas  sesuai wilayah kerjanya dan diteruskan ke Dinas Kesehatan Kota Banjar sebagai data / bahan pertimbangan untuk rencana intervensi peningkatan Kesehatan ibu dan anak dan pencegahan kematian Ibu dan anak.

 

  1. PEMANTAUAN DAN PENDAMPINGAN

Pemantauan dan pendampingan bagi bumil dari perkembangan kehamilan hingga melahirkan dan status kesehatannya dilaksanakan secara on line menggunakan media sosial yang familier, sehingga ada komunikasi antara bidan dan pasien, keluarga/kader.

  1. EDUKASI DAN KOMUNIKASI

Proses Komunikasi, Informasi dan Edukasi tentang Kesehatan Ibu dan Anak antara lain dalam bentuk sharing seputar kehamilan, pesalinan, perawatan bayi baru lahir, nifas, gizi, imunisasi, penyakit  dan lainnya dalam bentuk buku elektronik /slide, dan pemanfaatan media sosial

Call center kegawatdarutan yang terintegrasi dengan Rumah Sakit, puskesmas, dan faskes lainnya.

  1. PELAYANAN PASIEN
  2. Pemburu Bumil Resti dan Ambulans Laju (Layanan Jemput Ibu) 24 jam gratis,
  3. Rumah Sakit, Klinik bersalin/bidan praktek swasta yang memberikan pelayanan Kesehatan Ibu dan anak dimasa pandemic COVID19 menyesuaikan dengan pedoman dan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

 

  1. PENGORGANISASIAN

Tingkat Dinas Kesehatan Kota Banjar

Pembentukan Tim Pembina dan Pendampingan Pelaksanaan Inovasi dalam rangka penurunan angka kematian ibu dan anak

 

Tingkat Puskesmas

  1. Pemburu Bumil Resti dan anglin / Ambulans Laju (Layanan Jemput Ibu) 24 jam gratis,
  2. Pembentukan jejaring Komunikasi Informasi dan Edukasi  di tingkat puskesmas ( Kepoin Bu Bidan, kereta sizuka, SMART, KLIMIS, CHATME MOMS
  3. Pembentukan LASKAR SAKINA (TIM) yang melakukan pendampingan dan konsultasi ibu hamil secara gratis, dan
  4. Pembentukan tim Gebrakan SUSI (Suami Siaga)