KUNJUNGAN RUMAH DALAM RANGKA PROGRAM PELAYANAN KEPERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT

Pelayanan Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) merupakan salah satu upaya puskesmas yang mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan memadukan ilmu/ praktik keperawatan dengan kesehatan masyarakat lewat dukungan peran serta aktif masyarakat mengutamakan pelayanan promotif dan preventif secara berkesinambungan tanpa mengabaikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif secara menyuluh dan terpadu, ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat untuk ikut meningkatkan fungsi kehidupan manusia secara optimal sehingga mandiri dalam upaya kesehatannya. (http://sehatnegeriku.kemkes.go.id)

Salah satu perawat yang sekaligus bertugas sebagai pengelola Program Perkesmas di BLUD UPTD Puskesmas Banjar 1, Hj. R. Isti Wahyuningsih, S.Kep. Ners melakukan kunjungan rumah kepada salah satu pasien dengan gangguan jiwa di wilayah kerja BLUD UPTD Puskesmas Banjar 1 (15/2/2020). Hasil kunjungan menyimpulkan bahwa yang bersangkutan sudah dirujuk ke rumah sakit serta laporan terakhir sudah tidak mau sekolah.

Harapan dengan terlaksananya program Perkesmas di masyarakat dapat meringankan beban sosial dan ekonomi serta tidak  dapat berdampak buruk terhadap masyarakat lainnya. Selain itu bisa berdampak untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

About Puskesmas Banjar 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *