Penerimaan Bantuan CSR mendukung ODF

Open defecation free (ODF) atau tidak buang air besar sembarangan (BABS) merupakan salah satu pilar dari STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). ODF bertujuan menghilangkan kebiasaan buang air besar sembarangan dan meningkatkan kualitas sanitasi agar mengurangi resiko penularan penyakit berbasis lingkungan seperti diare.

Adapun di kota Banjar, Dinas Kesehatan Kota Banjar mendapatkan bantuan CSR dari BRI Kota Banjar berupa sarana yang menunjang ODF yaitu berupa bantuan jamban dan septic tank.

Bantuan diserahkan kepada Pa Rusyono, SKM (Kasi Kesling Dinkes Kota Banjar) yang kemudian diserahkan kepada setiap puskesmas salah satunya BLUD UPTD Puskesmas Purwaharja 1. Setelah dilakukan survey oleh petugas kesling Rika, A.Md,Kes kemudian ditentukan 10 rumah yang belum mempunyai jamban & septic tank yang layak untuk mendapatkan bantuan yg tersebar di Kelurahan Karangpanimbal dan Purwaharja. Dengan adanya bantuan ini diharapkan becak cinta ( tempat BABS yg biasnya ada d atas kolam ikan) sudah tidak ada lagi dan masyarakat mau mengubah perilakunya untuk BAB di jamban sehat.

Alhamdulillah masyarakat menerima dan berterimakasih kepada Dinas Kesehatan Kota Banjar, BRI Peduli dan BLUD UPTD Puskesmas Purwaharja 1, atas bantuan jamban keluarga sehingga masyarakat mendapatkan akses sanitasi yang layak.

 

About Puskesmas Purwaharja 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *