Resmi, Pemerintah Longgarkan Penggunaan Masker

Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka. Kebijakan tersebut diambil dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini makin terkendali.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa, 17 Mei 2022.

Seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 serta angka cakupan vaksinasi lengkap 2 dosis sudah lebih dari 70%, pemerintah Indonesia mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi Covid-19 dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker di ruang terbuka. “Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak¬† orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker,” ujar Presiden.

Pelaksanaan kebijakan di atas tidak hanya mempertimbangkan situasi pandemi secara nasional, namun juga secara internasional, dimana kondisi tubuh masyarakat Indonesia dinyatakan sudah lebih kuat dalam menghadapi varian baru dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya jumlah kasus aktif dan relatif lebih kecil untuk varian yang sama dibandingkan negara-negara lain.

Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang. Selain untuk mengurangi penularan Covid-19, memakai masker juga bermanfaat untuk mencegah resiko tertularnya penyakit seperti Tuberkulosis (TBC), Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan untuk mengurangi paparan polusi udara. Tetap terapkan budaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) seperti Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, konsumsi gizi seimbang, hindari rokok, aktivitas fisik serta lakukan segera vaksinasi Covid-19 bagi yang belum.

sumber : https://promkes.kemkes.go.id/pemerintah-resmi-longgarkan-kebijakan-penggunaan-masker , https://covid19.go.id/artikel/2022/05/17/pemerintah-longgarkan-kebijakan-pemakaian-masker-bagi-masyarakat

About dinkes_banjar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *