Walikota Anjurkan PHBS untuk Antisipasi COVID-19

Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, S.IP.M.Si menyampaikan penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mengurangi resiko transmisi Coronavirus Disease (COVID-19) di Madrasah Diniyah Miftahul Huda RT 19 RW 06 Dusun Gardu Desa Balokang pada Selasa (02/03/2020). Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pengajian rutin yang diikuti ratusan jamaah seluruh DKM se-Kecamatan Banjar.

Dalam kesempatan itu beliau menganjurkan jika terdapat orang yang sakit dengan gejala klinis demam, batuk, dan pilek agar menggunakan masker secara benar untuk mengurangi resiko penularan kepada orang lain di sekitarnya. “Pencegahan penularan coronavirus dapat dilakukan dengan PHBS, terutama kebiasaan cuci tangan dan menggunakan masker dengan benar”, katanya.

Beliau menghimbau agar masyarakat memiliki jaminan kesehatan. “Jangan sampai masyarakat mendaftar BPJS ketika sudah sakit”, katanya. Beliau juga menambahkan bahwa saat ini Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sudah tidak berlaku lagi, tetapi bagi warga masyarakat Kota Banjar yang dhuafa diupayakan memiliki jaminan kesehatan dengan premi asuransi yang dibayarkan oleh pemerintah.

dr. H. Agus Budiana, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Banjar menambahkan bahwa cara menggunakan masker adalah sisi luar masker berwarna hijau atau biru, sedangkan bagian dalam masker yang menempel langsung dengan area mulut dan hidung berwarna putih. “Pastikan sisi atas masker yang ditandai dengan adanya garis kawat hidung, kemudian cubit atau cocokkan bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker lebih tertutup rapat”, tambahnya.

(Dansyah)

About dinkes_banjar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *