Yuk Di Rumah Saja! Cegah Rantai Penularan COVID- 19

Seiring dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19, sejumlah pemerintah daerah memberlakukan aturan belajar di rumah bagi siswa sekolah. Aktivitas belajar di sekolah dihentikan selama 14 hari. Demikian pula dengan kota Banjar sesuai dengan surat edaran walikota telah menetapkan aturan tersebut terhitung dari tanggal 16 Maret sampai 29 Maret. BLUD UPTD Puskesmas Purwaharja 1 telah melaksanakan wawar atau pemberitahuan kepada masyarakat di wilayah kerja puskesmas untuk tetap di rumah saja sesuai dengan himbauan dari pemerintah dan melakukan social distancing.

Kenapa harus di rumah saja selama 14 hari berikut penjelasan yang dikutip dari dr. Reisa dari https://www.youtube.com/watch?v=Aq0boy52mkw

Jadi pada masa 14 hari ini bukan digunakan untuk berlibur ke tempat wisata atau ke tempat ramai. Tetap di rumah jika tidak kepentingan mendesak gunakan dengan melakukan aktivitas positif di dalam rumah. Kita sama-sama cegah rantai penularan COVID-19 dengan tetap di rumah.

Seperti apa social distancing?

Jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain adalah satu langkah. Tapi social distancing lebih dari itu. Termasuk social distancing adalah tidak bersalaman, penundaan acara-acara besar, seperti pertemuan masyarakat, hiburan, olahraga ataupun bisnis.

Anda mungkin bertanya: apakah saya boleh ke supermarket atau pasar? Jawabannya boleh tapi kurangi frekuensinya seminimal mungkin. Bila mungkin, orang yang berisiko (orang lanjut usia dan yang memiliki masalah kesehatan kronis) harus menghindari tempat umum.

Saat Anda berada di tempat umum usahakan sebisa mungkin menjaga jarak dari orang lain dan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan saat kembali pulang ke rumah.

Jika bisa kerja dari rumah, lakukanlah. Kalau harus ke kantor, batasi kontak dengan rekan-rekan kerja dan ikuti etika bersin/ batuk (tutupi bersin/ batuk dengan siku terlipat atau tisu yang dibuang langsung ke tempat sampah).

Kalau sakit, tinggallah di rumah dan kalau mengalami gejala virus corona, cari pengobatan medis atau telephon hotline 119 ext. 9. Jika Anda sedang merawat seseorang yang sakit di rumah, gunakan masker dan sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (kemkes.go.id).

Mari bersama-sama lindungi diri, keluarga dan sesama. Jangan panik dan tetap waspada. Kalian tetap di rumah untuk kami, kami bekerja untuk kalian.

 

About Puskesmas Purwaharja 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *